Senin, 13 Juni 2016

Jasa Kurir



STUDI KELAYAKAN BISNIS
“ABANG KURIR”
Jasa Kurir

 
  


DI SUSUN OLEH :
Nur Intan Permata Sari (NIM. 13652012)




Jurusan Administrasi Bisnis
Program Studi S1-Terapan Manajemen Pemasaran
Politeknik Negeri Samarinda
2016


BAB I
ASPEK PASAR

Usaha yang akan saya bangun merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa yaitu jasa kurir yang saya beri nama “Abang Kurir”. “Abang Kurir” menawarkan 2 jasa yaitu jasa kurir dan jasa belanja. Jasa Kurir ialah jasa untuk antar jemput barang, sedangkan jasa belanja yaitu layanan pembelian barang maupun makanan seperti di toko kelontongan, mall, bioskop, pasar dan lain-lain.
Saya memilih daerah Kecamatan Sungai Kunjang sebagai target pasar saya. Menurut saya, daerah tersebut merupakan daerah yang jauh dari perkotaan sehingga banyak masyarakat yang kesulitan untuk menjangkau tempat-tempat seperti pusat perbelanjaan yang mereka inginkan yang rata-rata berada di daerah perkotaan, ditambah lagi akses yang dilalui untuk ke tempat tujuan sering mengalami kemacetan.

A.      BESAR LUAS PASAR
Berdasarkan data sekunder yang saya dapatkan dari Kantor Kecamatan Sungai Kunjang, jumlah penduduk berdasarkan kategori remaja dan dewasa adalah sebagai berikut :
Usia
Jumlah
Remaja (10-19 tahun)
22.266 orang
Dewasa (20 tahun ke atas)
96.837 orang
Tabel Data Penduduk Berdasarka Usia Remaja dan Dewasa Tahun 2015
Sumber : Database Kantor Kecamatn Sungai Kunjang, Samarinda

B.       PERSAINGAN ANTAR PRODUSEN
Untuk di daerah Kecamatan Sungai Kunjang, usaha saya ini belum memiliki pesaing yang memiliki jenis usaha yang sama, tetapi untuk di seluruh Samarinda sendiri sudah mulai banyak pesaing yang juga menawarkan usaha yang sejenis.
Atas hal tersebut, saya sebagai pelaku usaha harus mampu bersaing dengan pesaing. Untuk persaingan di bidang usaha jasa seperti ini yang harus dilakukan ialah selalu meningkatkan pelayanan, dan memberikan pelayanan yang memuaskan konsumen.
Berikut adalah daftar pesaing dengan usaha yang sejenis yaitu jasa kurir yang ada di samarinda yang dimana data ini berdasarkan survey peneliti langsung ke lapangan.
No.
Nama Usaha Pesaing
Alamat
Deskripsi Usaha
1.
Kurir Pelangi
-
Kurir Pelangi merupakan jasa transportasi online yang dimana menyediakan jasa antar/jemput, beli/jual, bayar/tagih. Target pasar Kurir Pelangi ialah online shop, toko, anak sekolahan maupun anak kuliahan, kantor, dan pribadi. Tarif yang ditentukan ialah mulai dari Rp. 10.000,-. Untuk umum, Kurir Pelangi membagi tiga jenis tarif berdasarkan jarak, yaitu :
1.)    0 – 4,9 km => Rp. 10.000,-
2.)    5 – 9,9 km => Rp. 15.000,-
3.)    > 10 km => Rp. 15.000 + Rp. 2.000,-/km
Untuk online shop dikenakan tarif khusus yang biasanya tarif dihitung per alamat. Biasanya untuk per alamat dikenakan tarif Rp. 10.000,-./Rp. 15.000,-
2.
SPEKU (Spesialis Kurir)
Jl. Delima Dalam, Sidodadi, Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur
Jasa yang ditawarkan oleh SPEKU adalah ojek, delivery food dan instant courier. SPEKU melayani pelanggan setiap hari mulai pukul 09.00 s/d 22.00. SPEKU telah bekerjasama dengan banyak rumah makan seperti Panties Pizza, Kimikimi Fruit Desser, Istana Monyet, Kedai Malaya, Sop Duren Medan Pasundan, dan masih banyak lagi. SPEKU memasang tarif mulai dari Rp. 10.000,- tergantung jarak.
3.
GO-JEK
Gedung UKM, Jl. D.I.Panjaitan (sebelah Depo Elektronik), Samarinda
Gojek merupakan usaha yang bergerak dibidang jasa yang dimana jasa yang ditawarkan ialah Instant Courier (Pengantaran Barang), Transport (Jasa Angkutan), Shopping (Belanja) dan  Corporate (Kerjasama dengan perusahaan untuk jasa kurir) yang menekankan keunggulan dalam kecepatan, inovasi dan interaksi sosial. Gojek merupakan usaha yang berbasis online. Yang dimana cara pemesanannya melalui sebuah aplikasi. Sistem pembayaran bisa tunai atau dibayar dengan potong pulsa. Gojek memasang tarif sebesar Rp. 4.000,- / kilometer dimana jarak terhitung otomatis pada aplikasi gojek ketika kita menuliskan alamat dimana kita berada ke alamat yang akan kita tuju.



C.      SIKLUS HIDUP PRODUK
Ada beberapa langkah yang dilakukan pada kemungkinan masing-masing tahapan dalam siklus hidup produk, yaitu ;
1.      Tahap Perkenalan
Melakukan perkenalan dengan promosi melalui brosur yang di sebar di daerah Kecamatan Sungai Kunjang, dan melalui media sosial seperti facebook, instagram dan blog.

2.      Tahap Pertumbuhan
Jasa yang saya tawarkan akan terus dikembangkan berdasarkan keinginan pelanggan. Saja juga akan menambah tenaga kurir agar dapat memenuhi permintaan yang semakin bertambah seiring dengan berkembangnya usaha ini.

3.      Tahap Kedewasaan
Kualitas jasa semakin ditingkatkan dan cepat tanggap akan keinginan pelanggan serta memperluas target pasar. Harga diturunkan seiring dengan tumbuhnya pesaing-pesaing baru.

4.      Tahap Penurunan
Mengajak konsumen yang sudah ada untuk secara tidak langsung mempromosikan usaha ini dengan cara WOM (Word to Mouth) guna menekan biaya promosi seperti mencetak brosur dan mengakses internet.

Pada saat ini, siklus hidup usaha ini masih berada dalam tahap perkenalan.


BAB II
ASPEK PEMASARAN

SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING
Segmentation           :    Remaja dan dewasa
Targetting                 :    Orang-orang yang tinggal di kost-kostan, pegawai-pegawai perusahaan, orang-orang yang memiliki pekerjaan yang padat.
Positioning               :    Pelayanan yang cepat dan tepat.

SWOT ANALYSIS
Strength
-          Proses delivery berjalan dengan cepat karena usaha ini memiliki kurir yang handal, yang menguasai medan jalan di Kota Samarinda sehingga pesanan akan sampai pada alamat yang tepat.
-          Usaha ini merekrut kurir yang merupakan asli orang Samarinda sehingga kecil kemungkinan pesanan tidak sampai pada tujuan.
-          Usaha ini sangat memperhatikan kualitas kendaraan sehingga pesanan yang dipesan aman hingga sampai tujuan.

Weakness
-          Seringnya sebagian besar jalanan di Samarinda mengalami macet sehingga dapat menghambat proses pengantaran.

Opportunities
-          Gaya hidup masyarakat yang ingin serba instan membuat usaha jasa kurir ini sangat dibutuhkan masyarakat.
-          Masih sangat jarang usaha jasa kurir yang memberikan pelayanan sesuai dengan keperluan dan keinginan konsumen sehingga memperbesar peluang untuk menjadi market leader.

Threats
-          Datangnya pesaing yang meniru usaha ini
-          Tidak sedikit konsumen yang memilih memenuhi kebutuhannya sendiri karena mempertimbangkan untuk mengeluarkan uang untuk membayar jasa kurir.
-          Karena usaha ini masih jarang, membuat masyarakat masih asing dengan usaha ini sehingga dibutuhkan kerja keras untuk memperkenalkannya.

MARKETING MIX

Faktor Produk
“Abang Kurir” menawarkan jasa antar jemput barang dan jasa belanja. Barang yang diantar bisa berupa dokumen, makanan, dan barang-barang lainnya. Sedangkan jasa belanja, kami dapat membantu konsumen untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari di sebuah supermarket, pasar dan lain-lain.

Faktor Harga
Harga yang ditawarkan yaitu sesuai dengan jarak yang ditempuh dan dibagi menjadi dua wilayah. Untuk wilayah sungai kunjang dan samarinda kota dikenakan biaya Rp. 10.000,- untuk sekali pengantaran/tujuan, sedangkan untuk diluar daerah sungai kunjang dan samarinda kota dikenakan biaya Rp. 15.000,- untuk sekali pengantaran/tujuan.

Faktor Promosi
Karena segmentasi dari usaha ini ialah remaja dan dewasa maka kami lebih menggunakan promosi melalui media online seperti instagram, facebook, dan blog serta media cetak seperti koran dan majalah, dan dapat juga melalui iklan radio maupun dari mulut ke mulut.

Faktor Tempat
Dikarenakan usaha ini merupakan usaha dibidang jasa serta online, maka usaha ini tidak perlu memiliki tempat khusus. Hanya disediakan tempat untuk dijadikan kantor yang dimana letaknya di tengah perkotaan sehingga kurir dapat menjangkau daerah mana saja.




BAB III
ASPEK ORGANIASI DAN MANAJEMEN

3.1. Profil Perusahaan
       Nama Perusahaan       :    Abang Kurir
       Nama Pemilik             :    Nur Intan Permata Sari
       Tempat                        :    Sungai Kunjang Samarinda
       Bidang Usaha             :    Jasa Kurir
       Kepengurusan             :    Owner dan Manajemen
       Modal Usaha              :    Modal Pribadi

3.2. Struktur Organisasi
       General Manager
       Operation Manager
       Finance
       Kurir


3.3. Jumlah Karyawan
       Dalam usaha ini kami memperdayakan 7 orang karyawan yang terdiri dari :
1.      General Manager                    1 orang
2.      Operation Manager                1 orang
3.      Finance                                   1 orang
4.      Kurir                                       2 orang

3.4. Job Description
·         General Manager
General Manager adalah pimpinan utama dalam pengambilan keputusan dan tanggung jawab atas tercapainya tujuan perusahaan serta sebagai pengendali seluruh tugas dan fungsi-fungsi dalam perusahaan.

·         Operation Manager
Operational Manager merupakan pimpinan dalam divisi operasi yang bertugas untuk mengatur, mengendalikan dan melaksanakan tugas operasional.

·         Finance
Finance Chief merupakan pimpinan bagian keuangan. Membantu direksi melaksanakan fungsi manajemen dalam bidang keuangan perusahaan, mengatur, mengendalikan, dan menyusun rencana kerja atau anggaran perusahaan. Bertanggung jawab sebagai pemegang, pengaman penerimaan dan pengeluaran dana kas kecil (petty cash fund).

3.5. Rekruitment dan Seleksi
Ada beberapa klausul-klausul dalam setiap rekruitmen di perusahaan kami. Namun tidaklah sesulit perusahaan-perusahaan besar. Secara umum yang diberlakukan antara lain :
1.      Pembuatan Informasi lowongan kerja melalui media
2.      Menyampaikan pelamaran
3.      Seleksi Administrasi
4.      Pemanggilan untuk wawancara
5.      Pengisian formulir untuk wawancara seleksi
6.      Wawancara yang kedua atau wawancara seleksi
7.      Seleksi kompetensi bagi pekerja non-administratif
8.      Keputusan diterima atau tidak, berdasar seleksi
9.      Penandatanganan perjanjian kerja (kontrak kerja)
10.  Registrasi pegawai pasca seleksi
11.  Penempatan pada unit-unit kerja
12.  Form Evaluasi kerja
13.  Pengembangan SDM/ Pelatihan


BAB IV
ASPEK KEUANGAN

4.1.  Analisa Pelayanan Jasa
Daerah Sungai Kunjang dan Samarinda Kota             :    Rp.                            10.000,-
Diluar daerah Sungai Kunjang dan Samarinda Kota   :    Rp.                            15.000,-

4.2.  Modal Kerja
·         ATK                                                                             : Rp.                      200.000,-
·         Computer second                                                        : Rp.                   2.000.000,-
·         Telepon                                                                        : Rp.                      250.000,-
·         Modem spedy                                                              : Rp.                      500.000,-
·         Kipas Angin                                                                : Rp                       125.000,-
·         Televisi                                                                        : Rp.                      500.000,-
·         Sofa dan meja                                                             : Rp.                   1.950.000,-
·         Sepeda motor bekas+box 2 unit @Rp. 6.000.000      : Rp.                 12.000.000,- (+)
                                                                                       Rp.                 17.525.000,-

4.3.  Proyeksi Keuntungan
Terdapat 2 kurir
Satu 1orang kurir melayani  12 orang per/hari
Omset per/hari :
Prediksi permintaan 15-25 pelangan
70% x 25 orang = 18 orang Sungai wilayah Kunjang dan Samarinda kota
30% x 25 orang = 7 orang wilayah diluar Sungai Kunjang dan Samairnda Kota

·         Pendapatan
18 orang  x Rp. 10.000,-           = Rp. 180.000,-
7 orang  x Rp. 15.000,-             = Rp. 105.000,- (+)
Laba kotor                                 = Rp. 285.000,-

·         Proyeksi laba / rugi perhari
Pendapatan                                = Rp. 285.000,-
Beban bensin 2 motor
2 motor x Rp.20.000                 Rp.   20.000,- (-)
Laba kotor                                 = Rp. 265.000,-

·         Proyeksi pendapatan kotor per bulan
Laba kotor per/ hari x 30 hari
Rp. 265.000,- x 30 hari             = Rp. 7.950.000,-

·         Analisis Break Event Point
Total Investasi Awal                                                    Rp.                 17.525.000,-

Biaya Operasional per bulan
·           Biaya gaji kurir dan staf administrasi                   Rp.                   4.400.000,-
·           Biaya iklan (internet)                                            Rp.                      200.000,- (+)
Total Biaya Operasional per bulan                               Rp.                   4.600.000,-

Total Pendapatan kotor per bulan                                Rp.                     7.950.000,-
Total Biaya Operasional per bulan                               Rp.                     4.600.000,- (-)
Laba bersih per bulan                                                   Rp.                     3.350.000,-
Pay Back Period (BEP)
= (Investasi Awal : Laba per bulan) x 1 bulan
= (17.525.000,- : 3.350.000,-) x 1 bulan
= 5 bulan


BAB V
KESIMPULAN

Studi Kelayakan Bisnis “Abang Kurir” ini meliputi 4 aspek yaitu Aspek Pasar, Aspek Pemasaran, Aspek Organisasi dan Manajemen, dan Aspek Keuangan yang dimana keempat aspek tersebut dinyatakan layak dengan berbagai pertimbangan dan penjelasan sebagai berikut :
1.)    Aspek Pasar
Aspek Pasar pada Studi Kelayakan Bisnis “Abang Kurir” ini dikatakan layak karena usaha ini memiliki target pasar yang jelas serta mampu bersaing dengan para pesaing yang terbilang masih sedikit.

2.)    Aspek Pemasaran
Aspek Pemasaran pada Studi Kelayakan Bisnis “Abang Kurir” ini dikatakan layak karena usaha ini memiliki kekuatan yang dapat menutupi kelemahan serta dapat mengatasi ancaman-ancaman baik internal maupun eksternal dan serta kekuatan tersebut dapat membuka banyak peluang.

3.)    Aspek Organisasi dan Manajemen
Aspek Organisasi dan Manajemen pada Studi Kelayakan Bisnis “Abang Kurir” ini dikatakan layak karena usaha ini terdiri dari struktur organisasi yang jelas serta memiliki job description yang jelas sehinggan usaha dapat berjalan dengan lancar dan semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik. Dan usaha ini telah merekrut staf-staf yang ahli dibidangnya.

4.)    Aspek Keuangan
Aspek Keuangan pada Studi Kelayakan Bisnis “Abang Kurir” ini dikatakan layak karena dengan memasang harga yang mampu bersaing, usaha ini mampu memperoleh laba yang cukup besar sehingga terhindar dari resiko kerugian dan dapat kembali modal dalam kurun waktu yang terhitung cepat yaitu hanya 5 bulan.

2 komentar: